30 Mar 2013

Ini Sebabnya manusia lebih cerdas dari kera

Otak Kera
Ini Sebabnya Manusia Lebih Cerdas dari Kera - Ternyata, ukuran otak bukanlah faktor utama yang membuat manusia jadi lebih cerdas dibandingkan jenis primata lain. Kecerdasan manusia ternyata lebìh dipengaruhi oleh ukuran bagian otak yang lebih spesifik. Berdasarkan penelitian di University College London, ditemukan bahwa keunggulan kecerdasan manusia ada pada prefontal cortex yang punya ukuran lebih besar dari primata. Pakar biologi evolusioner di University College London, Jeroen Smaers, mengatakan, kalau mereka telah dapat mengidentifikasi keistimewaan dari organisasi otak kelompok kera besar.

Para peneliti melakukan sebuah studi pada sampel otak dari 17 spesies primata yang telah hidup dalam jangka waktu sampai 40 juta tahun yang lalu. Para peneliti menemukan white matters yang ada pada bagian prefrontal cortex dan luas bagian otak yang berperan merencanakan gerak pada primata mengalami peningkatan sejak terpisah dari golongan monyet tua berkisar 20 juta tahun yang lalu. Peningkatan luas bagian perencanaan gerak kemungkinan membantu golongan kera besar untuk mengatur gerak komplek yang diperlukan untuk merekayasa alat. Dengan begitu, golongan primata tersebut lebih mudah untuk mencari makan. Sedangkan pada bagian prefrontal cortex berperan dalam kesadaran sosial, introspeksi, pertimbangan moral dan perencanaan arah tujuan. Bagian prefrontal cortex berperan seperti CEO dalam otak. Ia memperoleh informasi dara bagian lain dan menyintesis informasi itu.

Pola yang beda diperlihatkan oleh monyet howler dan gibbon, pada jenis primata ini, bagian otak yang paling mengalami perkembangan ada pada bagian hippocampus yang berfungsi pada tugar spasial. Hal inilah yang menjadikan monyet hawler dan gibbon lebih terampil secara spasial. Chet Sherwood, Antropolog dari George Washington University, menyatakan, bahwa temuain ini memperlihatkan fakta bahwa peranan penting prefontal cortex, namun juga menjelaskan kalau bagian spesifik dari otak bisa berkembang secara selektif. Jadi hal itulah yang menjadikan manusia lebih pintar dari kera. Banggakan, jadi manusia :D

0 komentar:

Posting Komentar